Search Engine

TRANSLATOR

Thursday, January 21, 2010

Project Probabilitas: Penerapan Markov Chains dalam Analisa Perpindahan Merk Pengguna Kartu Seluler di Lingkungan Mahasiswa UNS

by:

  1. Eska Sebayu R.P : M0508039
  2. Noor Fitrianan H : M0508059
  3. Arif Rohmadi : M0508031
  4. Monica T. Putri : M0508017
  5. Dionysius Aldion Renata : M0508025
  6. Dian Pawestri : M0508037
  7. Madinatul Munawaroh : M0508049
  8. Rancang Bagus Wibawanto : M0508063
  9. Elvin Kusuma Putra : M0508101
  10. Erlis Ardila Sari : M0508103
  11. Lahardi Alkawero : M0508107
  12. Riky Bagus Muhajir : M0508117

FAKULTAS MIPA S1 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

Telekomunikasi saat ini memegang peranan penting pada setiap bidang kehidupan. Indonesia mempunyai dua jaringan telepon seluler yaitu GSM dan CDMA. Hal tersebut melatarbelakangi perusahaan telekomunikasi untuk bersaing dalam memproduksi kartu seluler GSM dan CDMA.

Persepsi konsumen menjadi masalah yang sangat penting untuk menempatkan posisi produk berdasarkan atributnya karena persepsi merupakan faktor dasar yang mampu mendorong konsumen melakukan pembelian atau membentuk perilaku konsumennya. Persepsi terbentuk dari serangkaian informasi dan atribut yang terkait dengan produk atau jasa informasi, bisa terkait intrinsik yang terkait langsung dengan produk seperti warna, ukuran, dan lain-lain, atau yang bersifat ektrinsik yang tidak terkait langsung dengan produk seperti penempatan merek, harga, citra,fasilitas layanan atau pesan promosi/iklan.

Berbagai kelebihan ditawarkan menjadi umpan dalam berpromosi. Konsumenpun dalam memilih produk pastinya memiliki berbagai pertimbangan baik pertimbangan yang berasal dari faktor intern maupun ekstern.

Oleh karenanya memahami perilaku pembeli atau konsumen merupakan salah satu upaya dalam meraih kesetiaan konsumen dalam menggunakan produk tersebut

Dengan banyaknya pilihan dan kelebihan-kelebihan produk kartu seluler GSM dan CDMA yang ditawarkan masing-masing operator, maka seorang pengguna akan lebih selektif dalam memilih kartu seluler GSM dan CDMA yang dirasakan cocok dengan kebutuhannya. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga pengguna tersebut akan beralih pada merk lain yang dirasakan memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki pada merk sebelumnya. Dari permasalahan tersebut,kami mencoba melakukan penelitian perpindahan merk pada penggunaan kartu seluler GSM dan CDMA di lingkungan mahasiswa UNS.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana loyalitas mahasiswa UNS terhadap kartu seluler yang mereka gunakan.
  2. Seberapa besar kemungkinan perpindahan merk pada pengguna kartu seluler di lingkungan mahasiswa UNS
  3. Bagaimana penilaian mahasiswa UNS terhadap layanan operator seluler yang mereka gunakan.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah

  1. Untuk mengukur loyalitas mahasiswa UNS terhadap kartu seluler yang mereka gunakan.
  2. Untuk mengetahui probabilitas perpindahan merk pada pengguna kartu seluler di lingkungan mahasiswa UNS.
  3. Untuk mengukur penilaian mahasiswa UNS terhadap layanan operator seluler yang mereka gunakan.

Manfaat penelitian yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah

  1. Bagi konsumen, sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian kartu seluler.
  2. Bagi peneliti, sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah di dapat di bangku kuliah ke realita yang sebenarnya.
  3. Bagi perusahaan, sebagai sarana bahan masukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan industri produk kartu seluler dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk kartu seluler mereka, sehingga dapat digunakan untuk menentukan kebijakan yang lebih baik.

Analisa

Analisa rantai Markov adalah suatu teknik probabilitas yang menganalisis pergerakan probabilitas dari satu kondisi ke kondisi lainnya. Dikenalkan oleh Andrey A. Markov, ahli matematika dari Rusia yang lahir tahun 1856.
Analisa Markov hampir sama dengan decision analysis, bedanya adalah analisa rantai Markov tidak memberikan keputusan rekomendasi, melainkan hanya informasi probabilitas mengenai situasi keputusan yang dapat membantu pengambil keputusan mengambil keputusan.

Dengan demikian, analisa rantai Markov bukanlah teknik optimisasi, tetapi adalah teknik deskriptif yang menghasilkan informasi probabilitas dimasa mendatang.

  1. Untuk dapat menerapkan analisa rantai Markov kedalam suatu kasus, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi :
    Jumlah probabilitas transisi untuk suatu keadaan awal dari system sama dengan 1
  2. Probabilitas-probabilitas tersebut berlaku untuk semua partisipan dalam system
  3. Probabilitas transisi konstan sepanjang waktu
  4. Kondisi merupakan kondisi yang independent sepanjang waktu.

Metodologi Penelitian

A. Pendekatan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Denan Teknik Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik penelitian survey.

B. Populasi dan Sampel

Populasi penelitian terdiri penyelenggara telekomunikasi seluler dan masyarakat di lingkup kota Solo.Sampel penyelenggara telekomunikasi seluler dan perorangan dipilih secara purposive sampling,dengan 100 responden mahasiswa UNS.Dengan margin of error sebesar 5%, dan tingkat kepercayaan dalam perhitungan jumlah sampel adalah 95% dari sampel masyarakat pengguna telepon seluler.Lokasi penelitian di universitas Sebelas maret surakarta

C. Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data studi ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yaitu :

  1. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan dan internet .
  2. Pengumpulan data primer dengan cara melakukan survey, dengan menggunakan kuesioner.

D. Teknik Analisis Data

Kajian ini menggunakan teknik analisis data deskritif kuantitatif.

E. Pengolahan Data

clip_image004

N = Jumlah sim card yang di survey, n = 7

Untuk menentukan nilai probabilitas adalah dengn membagi jumlah pemakai yang tetap dikuasai dalam periode pengamatan dengan jumlah pemakai pada awal periode pembelian.

Perolehan nilai didapat dari jumlah responden pemakai produk tertentu dibagi dengan total jumlah responden.

Misal : blok IM3 IM3 berjumlah 0.76471, berarti presentase probabilitas responden yang dulu memakai IM3 dan sekarang masih setia menggunakan IM3 sebanyak 0.76471.

Perhitungan probabilitas transisi sari masing-masing state ada pada table diatas


F. Analisa Hasil Perhitungan

clip_image006

Dari perhitungan sebelumnya, didapatkan nilai perolehan awal untuk masing-masing merk, yaitu seperti pada table di atas. A0 adalan perolehan awal, A1 – An adalah perolehan untuk periode selanjutnya selama 2 tahun.

Perhitungan nilai di dapat dari :

A0 = nilai awal dari presentasi responden 2 tahun yang lalu

Yaitu

clip_image008

A(n) = A(n-1) * P

P = Matriks probabilitas transisi (P)

G. Pembahasan

Dari data penelitian di atas, dapat disimpulakan bahwa saat ini produk Indosat IM3 adalah produk yang menguasai pasar. Dari hasil survey, alas an responden memilih produk ini adalah karena beberapa factor, antara lain:

  • Telepon murah
  • SMS murah
  • Internet murah
  • Jaringan/signal kuat
  • Banyak memberikan bonus
  • Layanan costumer service bagus
  • Masa aktif panjang
  • Perdana murah
  • Mudah dalam pembelian

No comments:

Post a Comment